Telepon : (061) 8214878

Logo Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara

INFORMASI

PENGUMUMAN >> Bimbingan Teknis Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas Pendidikan 2024
BERITA >> Bertekad Wujudkan Zona Integritas, LLDikti Wilayah I Gelar Rapat Internalisasi Berkala ZI WBK WBBM
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Bertekad Wujudkan Zona Integritas, LLDikti Wilayah I Gelar Rapat Internalisasi Berkala ZI WBK WBBM
PENGUMUMAN >> Prosedur Perubahan Data Mahasiswa Jenis Keluar di PDDikti
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Growth Center LLDikti Wilayah I Gelar Students English Club (SEC) Angkatan II Tahun 2024 bagi Mahasiswa PTS di Lingkungan LLDikti Wilayah I
PENGUMUMAN >> Diseminasi Pelaksanaan Layanan Pembiayaan dan Pengembangan Profesi Karir Dosen di Lingkungan LLDikti Wilayah I
KEGIATAN LLDIKTI1 >> LLDIKTI Wilayah I Saksikan Penobatan Duta Bahasa Sumatera Utara Tahun 2024
BERITA >> Gelar Apel Pagi, Plh. Kepala LLDikti Wilayah I ajak seluruh pegawai untuk melaksanakan maksud dari Core Values ASN Berakhlak
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Gelar Apel Pagi, Plh. Kepala LLDikti Wilayah I ajak seluruh pegawai untuk melaksanakan maksud dari Core Values ASN Berakhlak
KEGIATAN LLDIKTI1 >> Tingkatkan Kebersamaan dan Kesehatan Jasmani, LLDikti Wilayah I Laksanakan Senam Pagi

3 Dasar Utama Desain Slide Presentasi dan 5 Ide Slide Presentasi Yang Dapat Mengesankan Audiens Anda


3 Dasar Utama Desain Slide Presentasi dan 5 Ide Slide Presentasi Yang Dapat Mengesankan Audiens Anda

  24 Feb 2020     Vahrun     22380 Kali dibaca   



3 Dasar Utama Desain Slide Presentasi dan 5 Ide Slide Presentasi Yang Dapat Mengesankan Audiens Anda

 

by 

 

Sekalipun kita bukan dilahirkan untuk menjadi seoarang desainer dalam slide presentasi. Namun, merancang slide presentasi merupakan keahlian yang dapat dipelajari. Tetap saja, mampu merancang slide presentasi dengan baik adalah keuntungan bagi setiap individu dan terutama sangat penting jika Anda memegang posisi kunci dalam suatu organisasi.

 

Jadi, bagaimana Anda dapat mendesain slide yang baik ?


Ada banyak variabel yang membuat presentasi Anda menjadi presentasi yang hebat. Salah satunya adalah bagaimana Anda mendesain slide presentasi. Rancangan slide presentasi yang menghasilkan slide presentasi yang baik ditentukan dari cara Anda memilih gambar, gaya dan ukuran teks Anda, posisi konten Anda, pilihan warna, dan yang paling penting pemilihan pesan utama.

 

Dalam tulisan kali ini, saya akan membahas beberapa ide desain slide yang dapat Anda gunakan ketika Anda merancang slide presentasi Anda berikutnya. Beberapa di antaranya adalah desain konten dan beberapa estetika (desain visual). Keduanya memainkan peran utama dari desain slide.

 

Sebelum Anda mengerjakan konten slide Anda, maka ada 3 dasar utama desain slide presentasi yang perlu Anda ingat. Ketiga dasar utama desain slide tersebut adalah :

 

Dasar Utama Desain Slide # 1 : Rancang slide Anda untuk dilihat, bukan untuk dibaca.

 

Dasar Utama Desain Slide # 2 : Buat konten pada slide presentasi Anda sebesar mungkin.

 

Dasar Utama Desain Slide # 3 : Jika audiens Anda tidak dapat melihat apa yang Anda letakkan di slide Anda, ada baiknya Anda tidak menunjukkan apa pun kepada mereka.

 

Tentu Anda telah melihat banyak slide presentasi yang mengandung terlalu banyak informasi. Ukuran teks sangat kecil dan sulit dibaca dari tempat Anda duduk. Terkadang ada gambar di slide, tetapi gambar itu terlalu kecil untuk Anda lihat.

 

Jadikan teks, gambar, angka, dan diagram besar, sehingga mudah untuk dilihat dari jauh. Ketika informasi tentang slide Anda mudah dilihat dan dipahami, maka audiens Anda kemungkinan besar akan menerima apa yang Anda sampaikan dalam presentasi Anda. Memiliki teks, gambar, diagram, dan angka yang besar berarti Anda akan memiliki lebih banyak slide presentasi Anda. Jangan khawatir memiliki lebih banyak slide. Itu merupakan hal yang baik sepanjang pesan yang Anda sampaikan dengan slide presentasi Anda mudah dipahami oleh audiens Anda.

 

Jika Anda telah mengembangkan alur cerita untuk presentasi Anda dan membuat slide presentasinya berdasarkan 3 dasar utama desain slide di atas, maka akan cukup mudah bagi Anda untuk menerjemahkannya ke dalam format slide presentasi yang berdampak tinggi bagi pemahaman audiens Anda.

 

Format slide berdampak tinggi yang sesuai. Apakah itu ? Kita telah melihat terlalu banyak slide presentasi menggunakan format template Power Point. Format template Power Point standar akan membuat audiens Anda membosankan dan sama sekali tidak menarik. Judul di bagian atas slide, diikuti oleh konten teks dalam bullet-point, slide demi slide.

 

Apa yang akan kita lakukan adalah melepaskan diri dari format template Power Point standar dan membangun format kustom yang dimulai dengan slide kosong dengan menggunakan prinsip-prinsip dari 3 desain slide di atas.

 

Berikut ini adalah 5 ide slide presentasi yang dapat Anda gunakan pada presentasi Anda berikutnya.

 

Ide Slide # 1 : Judul Slide Tidak Harus Selalu di Bagian Atas Slide.

Judul slide atau pesan kunci dapat ditempatkan di tengah-tengah slide. Dengan menempatkan pesan utama di tengah slide, maka Anda dapat membuat titik fokus di tengah slide dimana informasi kunci dapat dilihat dengan mudah dari jauh. Kemudian, buat ukuran font yang besar untuk membuat pesan utama menonjol.

 

Informasi terkait kemudian dapat ditempatkan secara strategis di sekitar pesan utama. Pesan terkait ini harus sesingkat mungkin dan dapat dihubungkan secara visual ke pesan utama menggunakan panah yang berbentuk blok. Seluruh ide yang berupaya menghilangkan teks  point-point akan membuat slide Anda lebih visual.

 

Ide Slide # 2 Gunakan Gambar Beresolusi Tinggi dan Perluas Gambar Untuk Mengisi Seluruh  Slide.

Akan selalu baik untuk menggunakan gambar untuk melibatkan audiens Anda. Memilih gambar yang tepat yang secara akurat mewakili konten adalah sangat penting. Saat menggunakan gambar, selalu gunakan gambar resolusi tinggi. Gambar beresolusi tinggi tajam dan mudah dilihat.

 

Gambar akan lebih menarik jika Anda memperluas gambar untuk mengisi seluruh slide. Melihat gambar dari ujung ke ujung pada slide presentasi Anda menjadikannya hidup. Sama seperti kita semua menyukai ponsel dengan layar besar yang memanjang ke tepinya.

 

Ide Slide # 3 : Kemas Pesan Utama Untuk Visibilitas Yang Lebih Baik.

Terkadang pesan kunci yang ada pada slide Anda tampaknya tidak terlalu terlihat atau cukup menonjol. Untuk meningkatkan visibilitas, letakkan kotak di belakang teks pesan utama.

 

Ini dapat dengan mudah diambil dalam perangkat lunak Power Point dengan bentuk persegi panjang (atau persegi panjang bulat). Teknik ini bekerja sepanjang waktu, terutama ketika pesan utama berada pada gambar yang sibuk.

 

Ide Slide # 4 : Buatlah Kata Kunci atau Angka Itu Benar-Benar Besar.

Jika Anda memiliki pesan yang sangat penting, mungkin itu angka atau kata kunci, maka terapkan ukuran font yang sangat besar untuk itu. Buat teks atau angka menonjol di antara semua hal lainnya.

 

Hal tersebut akan menyuntikkan kegembiraan ke dalam presentasi Anda, sehingga memberikan berbagai dampak visual. Anda juga dapat menyertakan gambar sederhana yang beresonansi dengan pesan Anda untuk dampak tambahan.

 

Ide slide # 5 : Atur Beberapa Gambar Dengan Rapi Pada Slide.

Ini adalah praktik yang baik untuk tidak memiliki terlalu banyak gambar dalam satu slide. Namun, jika Anda harus memiliki beberapa gambar terkait pada satu slide, akan lebih bijaksana untuk mengaturnya dengan rapi pada slide.

 

Membiarkan celah sempit untuk memisahkan setiap gambar akan membuat setiap gambar tetap jelas. Judul slide atau kata kunci dapat diposisikan di tengah atau di atas slide jika diperlukan.

 

Demikianlah, ada 3 dasar utama desain slide presentasi, yaitu :

  1. Rancang slide Anda untuk dilihat, bukan untuk dibaca.
  2. Buat konten pada slide presentasi Anda sebesar mungkin.
  3. Jika audiens Anda tidak dapat melihat apa yang Anda letakkan di slide Anda, ada baiknya Anda tidak menunjukkan apa pun kepada mereka.

Dan ada 5 ide slide presentasi, yaitu :

  1. Judul Slide Tidak Harus Selalu di Bagian Atas Slide.
  2. Gunakan Gambar Beresolusi Tinggi dan Perluas Gambar Untuk Mengisi Seluruh  Slide.
  3. Kemas Pesan Utama Untuk Visibilitas Yang Lebih Baik.
  4. Buatlah Kata Kunci atau Angka Itu Benar-Benar Besar.
  5. Atur Beberapa Gambar Dengan Rapi Pada Slide.

FOLLOW akun media sosial LLDikti Wilayah I :
1. Follow FanpageFB
2. Follow  Instagram
3. Follow Twitter
4. Subscribed Youtube Channel LLDIKTI WILAYAH I SUMUT



Terpopuler


1. Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018

Daftar Jurnal Indonesia Terindex Scopus per September 2018 Active = 38 No. Name of Journal ISSN Indexed by Scopus Publisher's Name website


  19 Oct 2018     Vahrun     180157 Kali dibaca   

2. 6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual

6 Fitur Zoom Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Membuat Audiens Anda Terlibat Dalam Presentasi Virtual     by Erry Ricardo Nurzal   Pandemi korona yang terus berlangsung telah memaksa dunia termasuk Indonesia untuk beralih dalam berkomunika


  29 Jun 2020     Vahrun     23250 Kali dibaca   

3. Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I

Hal : Pendataan Dosen Tetap Yayasan melalui aplikasi SIMPEGKEU di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Monitoring dan


  20 Sep 2018     Vahrun     22697 Kali dibaca   

4. 3 Dasar Utama Desain Slide Presentasi dan 5 Ide Slide Presentasi Yang Dapat Mengesankan Audiens Anda

3 Dasar Utama Desain Slide Presentasi dan 5 Ide Slide Presentasi Yang Dapat Mengesankan Audiens Anda   by Erry Ricardo Nurzal   Sekalipun kita bukan dilahirkan untuk menjadi seoarang desainer dalam slide presentasi. Namun, merancang sl


  24 Feb 2020     Vahrun     22380 Kali dibaca   

5. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

urat EdaranNomor 3 Tahun 2020tentangPencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan PendidikanDalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Sau


  16 Mar 2020     Vahrun     17627 Kali dibaca